KISAH UNIK TENTANG STRATEGI MENANGKAP PELUANG USAHA BAGIAN 1


WIRAUSAHA
Adi Kharisma Meraih Peluang Usaha dengan Ubi Ungu

Kreativitas Adi Kharisma (50 tahun) mengolah es krim dengan bahan baku dari ubi ungu yang direbus lalu digiling, dicampur susu, kelapa, ditambah sejumlah bahan lain menambah pilihan kuliner. Makanan berbahan baku local jika diolah dengan kreatif menjadi alternative kuliner berkelas.
                Pusat makan ubi jalar sweet purple di kawasan Bintaro Sektor I, Jakarta, dapat menikmati aneka hidangan yang dibuat dari ubi ungu, mulai dari es krim, jus, hingga ice burger. Di Sweet Purple, ubi ungu diolah dengan berbagai kreativitas  menjadi kuliner yang berkelas.
                ‘’bila usaha anda ingin maju, buatlah sedikit berbeda dengan yang lainya’’, Kata Adi memaknai kreativitasnya mengolah produk makanan berbahan baku ubi. Bagi Adi, kreativitas untuk menghasilkan sebuah produk pangan sangat menentukan maju tidaknya sebuah usaha. Karena alasan itu pula, adi tidak pernah berhenti menciptakan berbagai produk pangan yang semula dicitrakan sebagai makanan kampungan menjadi makanan berkelas.
                Karena ubi ungu pula, Adi meninggalkan usahanya sebagai distributor makanan dan minuman di Bali. Begitu pula dengan gelar akademis yang ia peroleh dari San Francisco State University, AS, ia kesampingkan. Adi lebih tertarik menekuni usaha ubi ungu.
                Adi mengutamakan orisinalitas gagasan untuk mengahasilkan produk yang memiliki tempat tersendiri di hati konsumen. Omzet usaha ini relative lumayan, setidaknya, membuat Adi berani meninggalkan usaha lamanya yang telah mapan.
                Konsep penjualan melalui system waralaba yang dikembangkannya pun kini mulai banyak peminat. Bahkan, dalam waktu dekat, ia berencana membuka satu gerai lagi di Jakarta.
                Ubi ungu, menurut pengamatan Adi, merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung antioksidan. Hal ini dikarenakan ubi ungu mengandung serat pangan alami yang tinggi, prebiotic, kadar Glycemic index rendah, dan oligosakarida. Pigmen warna ungu pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan karena dapat menyerap polusi udara, racun, oksidasi dalam tubuh, dan menghambat penggumpalan sel-sel darah.



Menjaga kualitas
Dengan kreativitasnya, ubi ungu dapat menjadikan makanan yang memenuhi selera masyarakat. Saat ini, yang dibutuhkan Adi adalah menjaga konsistensi kualitas ubi ungu. Untuk itu, Adi terjun langsung untuk menanam ubi. Varietas ubi ungul yang dikembangkan dipilih dari jepang. Selain kualitas warna ungunya bagus, juga kualitas rasanya stabil bila teknik budidayanya diterapkan secara tepat.

                Perlahan tetapi pasti, usaha makanan dan minuman berbasis ubi ungu yang dibangun Adi mulai menunjukkan hasil. Kunci sukses dari perjalanan bisnis Adi adalah kreativitas dan kemamapuan menangkap peluang.


dikutip dari buku "kewirausahaan: teori, praktik, dan kasus-kasus" 
di tulis ulang oleh  "kang abidin"

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »